Tuesday, January 1, 2013

Es Krim Pandan Meses

Saya suka es krim sejak kecil. Ah…saya rasa semua suka es krim. Betul tidak? Nah, daripada beli terus, saya pikir, bikin es krim sendiri pasti lebih seru. Terserahlah apapun rasanya nanti, yang penting prosesnya, haha.
Pas jalan ke Gramedia Padang, saya nemu buku ‘Seri usaha Boga, Es Potong dan Es Lolly Pop’, saya beli dong. Sampai di rumah, kota biru Payakumbuh tercinta, saya pilih resep yang bisa dieksekusi, ternyata bahan-bahan sampingannya nggak ada di stok. Yang ada cuma pandan dan essence pandan serta coklat beras (meses) sisa Mama bikin kue bolu. Untungnya, di pendahuluan buku ini dituliskan resep dasarnya. So, tinggal ditambahkan bahan yang saya punya dan voala, es krim home made-nya jadi dan Alhamdulillah enak-enak-enak.




Resep Es Potong Pandan Meses
By Dan Azed (Source: Seri usaha Boga, Es Potong dan Es Lolly Pop)

Bahan I:
500 ml susu cair
300 gr gula pasir
1 sdm gelatin

Bahan II (kocok hingga mengembang):
2 kuning telur
2 sdm gula pasir

Bahan III:
1 liter susu cair

Bahan IV:
Saripati pandan (remas daun pandan dan saring airnya)
Essence pandan
Meses secukupnya

Cara membuat:
1.      Bahan I: rebus susu, gula pasir, dan agar-agar hingga mendidih dan gula larut. Masukkan campuran bahan II, aduk hingga rata. Tuang bahan III, aduk dan biarkan dingin.
2.      Masukkan adonan ke dalam lemari es, kemudian proses ke dalam mesin khusus es krim hingga adonan menjadi lembut. Atau dapat juga dilakukan dengan cara manual (lihat langkah-langkah pembuatan es di bawah)
3.      Tuang adonan ke dalam loyang ring ukuran 20x20x5 cm, ratakan. Simpan ke dalam freezer hingga mengeras.
4.      Potong-potong, sajikan.

Langkah-langkah Pembuatan Es krim
1.      Bekukan adonan es setengah mengeras
2.      Mikser atau blender adonan hingga rata, kemudian bekukan kembali hingga mengeras. Lakukan hal yang sama sebanyak 3 kali hingga adonan menjadi lembut
3.      Siap disajikan



Nah, buat teman-teman yang punya sesuatu yang lain yang bisa dicampurkan, misalnya durian, coklat chips, tiramisu, kacang merah, atau selai buah-buahan, teman-teman bisa mengganti bahan IV sesuka hati. Misal, klo pengen bikin es potong coklat, tinggal ganti bahan IV dengan pasta coklat dan coklat chips. Untuk gelatin, berhubung nggak punya, saya ganti dengan agar-agar putih. Untuk cetakannya saya pakai cetakan agar-agar yang bisa dibuka bagian bawahnya. Dan hmm…ketika mengikuti langkah pembuatan es-nya, adik-adik (dan saya :P) sudah nggak sabar pengen coba. Ya sudah, 2 kali mixer saja, langsung cetak, sehingga es-nya kurang lembut, tapi tetap enak. Suer deh. Hehe.





No comments:

Post a Comment