Tuesday, January 1, 2013

Donat ala J.Co

Ini termasuk resep yang sudah saya eksekusi sebelum punya blog Azed culinary ini. Motivasi membuat donat waktu itu, hmm… karena pengen cari uang dengan jualan donat. Ya, kalo nggak salah motivasinya itu. Motivatornya? Ada Uni yang menitipkan donat jualannya di wisma kami lewat Tari, teman saya sewisma. Donatnya enak dan lembut. Nggak salah kalau selalu laku dan bikin kami, penduduk wisma ngiler abiezz pas donat ini baru datang. Soal beli atau tidak, heee…itu mah tergantung kondisi keuangan. #NasibAnakKos.

Nah, pas pulang ke Payakumbuh saat liburan lumayan panjang, saya terpikir untuk jualan. Yang menurut saya elit dan menggoda itu, ya donat. Tapi ternyata, Mama bilang donat kurang laku di sekitar rumah, tambah lagi kalau saya patok harga 2ribu rupiah per biji. Yang seribu aja belum tentu laku, apalagi 2ribu. Ah, Mama bikin semangat saya luntur saja. Untunglah Mama bilang, coba saja bikin dulu.

Dan jadilah saya searching resep donat lembut, hasilnya ada entri tentang resep donat ala J. Co. Wah… pas banget nih. Saya harus coba resep ini. Resepnya saya ambil dari blog yang saya lupa alamatnya. Bukannya tidak tahu terima kasih, tapi saat itu saya memang belum terlalu berminat untuk menjadi food blogger, jadi saya tidak catat sumbernya. Ketika blognya keluar, saya catat resepnya dan saya tutup. Sayangnya, blog tersebut juga bukan blog yang saya follow. Jadi susah untuk menelusurinya kembali. Aduuh… maaf ya mbak yang saya pakai resepnya. Semoga suatu saat saya terdampar lagi ke blog Mbak, ntar insyaAllah langsung saya kasih link dan saya follow blognya Mbak. Thanks Mbak…





Oia, setelah donatnya jadi, ternyata emang benar, lembut dan enak kayak donat J. Co. terus, bagaimana mungkin saya jual seribu? Tanpa topping? Ah, klo sekedar dibalut gula halus kan nggak keren. Trus, bikin donat kan lama banget (nunggu-nunggunya), jam berapa saya mesti start di dapur? Berapa jam selesainya? Haha, banyak banget pertanyaan-pertanyaan yang timbul. Huaaa… gimana mau jadi bakul kue nih? Mengayunkan langkah kecil dengan jualan donat aja susah banget. Atau mungkin karna donat termasuk dalam makanan yang proses mengeksekusinya lumayan rumit? Huft… gak jadi deh jualan. Tapi yang penting, saya sudah bisa bikin donat enak dalam satu kali percobaan, Alhamdulillah… prestasi yang lumayan membanggakan, kan? Hehe, narsis.



Resep Donat Ala J. Co
By Dan Azed (Source: Mbak Baik Hati yang saya lupakan alamat blognya)

Bahan A:
850 tepung terigu jepang (komachi)/ tepung terigu cakra
11 gr ragi instant
10 gr garam (masukkan setelah adonan setengah kalis agar raginya nggak ngambek :D)
600 ml air matang (kurangi 75-100 ml jika pake cakra)

Bahan B:
125 gr gula pasir
100 gr telur
125 gr mentega putih/ shortening butter
200 gr terigu komachi/ cakra
10 gr garam
60 gr susu bubuk Full Cream

Cara Membuat:
1.      Aduk bahan A sampai rata, istirahatkan selama 90 menit di wadah tertutup, jadikan sebagai bahan biang.
2.      Campur adonan A dengan bahan B (yang telah dicampur) lalu uleni sampai kalis lebih kurang 10 menit. Istirahatkan di wadah tertutup selama 15 menit.
3.      Gilas tipis adonan setebal lebih kurang 1 cm, diamkan 10 menit lagi, catak dengan setakan donat, diamkan 10 menit lagi.
4.      Goreng dalam minyak padat dengan api kecil hingga kuning kecoklatan.
5.      Angkat, dinginkan, beri topping sesuai selera.






Ceritanya, saya sudah yakin tidak ada yang jual tepung terigu komachi di Payakumbuh, dan ternyata dugaan saya benar. Jadi, saya pakai cakra. Oia, saya cuma bikin setengah resep, jadinya 30an donat ukuran sedang. Itu saja, udah bikin tangan saya pegel pas menguleni lebih kurang 10’ di step ke-2. Trus, saya nggak pakai cetakan, cuma dibulatkan, terus bikin lobang di tengahnya dan di putar dengan dua telunjuk. Mama yang ajarin.

Selain komachi yang nggak ada, minyak padat juga nggak ada. Tapi di resep mbak yang baik hati ini ada cara membuat minyak padat yaitu minyak goreng + 1 sdm mentega putih. Gunanya pakai minyak padat ini biar pas diangkat, donatnya nggak terlalu berminyak.

Toppingnya saya kasih coklat leleh serta meses buat saya, mama dan adik-adik, dan gula halus untuk Papa.

Ayo teman-teman, dicoba resepnya, kasih toppingnya sesuai selera dan donat enak nan lembut siap dinikmati bersama keluarga tercinta.




1 comment: