Tuesday, January 1, 2013

Udang Saus Padang n Udang Crispy

Dari saya kecil, kalau Mama bikin udang, pasti selalu pakai udang kering karena udang basah sangat langka di Payakumbuh. Nah, kalau di Padang, Alhamdulillah selalu ada karena memang Padang dekat dengan laut.

Pas Eka, teman saya, syukuran kompre di Pondok Ikan Bakar Khatib Sulaiman, ada menu udang bakar. Sluuurrpp…ngiler banget, tapi sayang menu untuk kami sudah duluan di pesan saat booking tempat tadi siang. (kami makan di sana saat berbuka puasa). So, kami bertekad, sebelum pulang ke kampung masing-masing mau beli udang segar di tepi pantai.

Pas beli sebenarnya belum tau mau dieksekusi jadi udang apa, yang penting beli dulu. Resepnya cari belakangan. Nah, berhubung akan kami bawa pulang kampung, butuh perjalanan 3 jam, udangnya (atas inisiatif Eka dan saran dari Mama-nya via telfon) kami rebus setengah matang dulu. Subhanallah…saya senang banget pas liat perubahan warna udangnya yang awalnya putih jadi oren, hehe, maklumlah, udang kering kan selalu oren karna memang sudah direbus duluan sebelum dikeringkan. Iya kan? :D

Sampai di rumah, segera searching cari resep olahan udang. Akhirnya, yang jadi pilihan adalah resep udang saus padang. Nah, resep ini sama nasibnya dengan resep donat ala J.Co. yang sudah saya posting sebelumnya. Resepnya saya ‘curi’ dari sebuah blog dan lalu blognya saya lupakan begitu saja karna saat itu belum mengerti etika menjadi food blogger. So, maaf dan terima kasih sebesar-besarnya untuk Mbak Baik Hati yang saya ‘curi’ resepnya. Semoga saya bisa kembali bertemu blog mbak suatu saat nanti. :D







Resep Udang Saus Padang

By Dan Azed (Source: blog Mbak Baik Hati yang saya lupakan alamat blognya)



Bahan:

500 gr udang segar (saya pakai udang rebus seperti cerita di atas)

1 sdm minyak goreng

50 ml air (saya kurangi karna sudah pakai udang rebus)



Bumbu:

12 buah cabe merah (saya pakai lebih, maklum, orang minang asli :D)

6 butir bawang merah

4 siung bawang putih

3 cm jahe (dilidah kami sekeluarga jahenya kebanyakan, besok dikurangi klo bikin lagi)

½ sdt terasi, panggang (saya nggak pakai)

½ sdt gula pasir

1 ½ sdt garam



Cara memasak:

1.      Kupas udang, sisakan ekornya

2.      Panaskan minyak, tumis bumbu hingga harum dan kering

3.      Masukkan udang, aduk, saat udang sudah berubah warna, masukkan air

4.      Masak hingga udang matang dan air mengering

5.      Angkat dan sajikan hangat






Selain rasa jahenya yang terlalu kentara, udang ini tetap nikmat. ya iyalah, udang gitu lho…hehehe. hasil akhirnya, udangnya tetap ludes dalam sekejap, tapi saus Padang-nya kurang laku, besok benar-benar harus dikurangi jahenya. Pakai sedikit saja, deh.





Nah, berhubung beli udangnya 1 kg, setengahnya lagi saya bikin udang goreng crispy. Resepnya, hehehe, cuma pakai tepung bumbu instant aja kok. So, tinggal celup di tepung bumbu instant yang dicampur air, lalu celup ke tepung bumbu yang nggak di kasih air dan goreng. Jadi deh, udang goreng crispy. Yang ini, jelas lebih-lebih dan lebih laku. Nggak perlu pake nasi, langsung nyaaammm… Alhamdulillah nikmat.


No comments:

Post a Comment