Tuesday, January 1, 2013

Beef Sausage n Sweet Corn Pizza

Sejak sebulan ini kangen banget makan pizza. Pas di Padang, tempat makan pizza satu-satunya ya resto milik yahud* itu. Ah… saya nggak bakal ke sana lagi. Kan dulu udah pernah ke sana dengan alasan mencoba dan biar kalau ada yang nanya pernah makan di sana, saya bisa jawab. Ya sudah, kalau sudah ke sana sekali, nggak boleh diulang lagi. Selain di sana, Alhamdulillah ada Hau’s tea, restonya orang sunda yang menyediakan pizza. So, saya pesan cahkue pizza. Lho? Iya, soalnya lagi pengen makan cahkue juga. (alasan sebenarnya sih nggak cukup uang, wkwkwk, nasib anak kos)
            Syukurlah, saya sudah bergabung di grup Indonesian Food Blogger, jadi punya banyak kenalan mbak-mbak yang rajin banget masak dan berkreasi di dapur dengan karya sekaliber eksecutive chef hotel bintang lima, cieee… udah gitu, masih sempat-sempatnya lagi ngurusin blog dengan food photography yang bagus banget, saluuutt dan wah… saya jadi ngiri. Insya allah saya akan terus belajar biar bisa sekeren mbak-mbak idfb-ers. Nah, dari sekian banyak daftar blog yang saya follow, seperti biasa yang paling sering saya lihat pertama adalah Ordinary Kitchen-nya Mbak Ricke, dan Alhamdulillah resepnya langsung nempel di hati. Saya nyontek lagi ya, Mbak… :D








            Untuk pizza pertama ini saya bikin 2 big pan pizza dan 4 pizza mini. Yang big pan satunya dikasih topping keju cheddar parut dan sosis sapi, dan yang satunya lagi sweet corn + sosis + of course, keju cheddar. Nah, yang mini-mini, itu hasil karya 3 kurcaci kecil, Aisyah, Abdul n Akbar, adik-adik tercintah. Mereka kasih toppingnya sosis plus keju cheddar juga. Bentuk pizzanya ada yang bulat dan ada yang mirip love. Hehe, kerjaan Akbar tuh.



Resep Pizza
By Dan Azed (Source: Ricke Indriani)

Bahan pizza crust:

7 gram ragi instan (sekitar 2 sdt)
200 ml air hangat
1 sdt gula pasir
350 gram tepung terigu protein tinggi (Cakra Kembar)
2 sdm minyak
zaitun/ minyak goreng
1/4 sdt garam

Cara membuat:
1. Larutkan ragi instan dan gula pasir dalam air hangat. Biarkan 10 menit sampai berbusa (tanda ragi bekerja dan masih dalam keadaan bagus).
2. Taruh tepung terigu dalam wadah, buat lubang di tengahnya, masukkan larutan ragi instan pada lubang, aduk rata.
3. Masukkan minyak goreng dan garam. Uleni sampai kalis dan elastis (adonan tidak lengket, mengkilap, halus dan tidak mudah sobek jika ditipiskan).
3. Bulatkan adonan dan taruh dalam wadah yg telah dioles minyak. Diamkan selama kurang lebih 1 jam sampai adonan mengembang 2x lipatnya (tutup wadah dg plastik atau serbet lembab agar adonan tidak kering).
4. Kempiskan adonan yg telah mengembang. Uleni lagi sebentar. Bagi menjadi beberapa bagian sesuai ukuran pizza yg akan Anda buat. Taburi alas dg terigu, gilas tipis adonan menjadi bentuk bulat.

Saus:
4 buah tomat merah ukuran besar
, parut atau blender.
5 sdm pasta tomat (
Saya pakai saus tomat botolan)
2 siung bawang putih, cincang halus
1 buah bawang bombay, cincang kasar
1 sdm oregano kering
1 sdt basil kering
(saya nggak pake karna nggak nemu basil di Payakumbuh)
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk (optional)

Cara membuat:
1. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum.
2. Masukkan tomat, masak sampai mendidih. Masukkan pasta tomat/saus tomat. Masak sampai kental dan meletup-letup.
3. Tambahkan oregano, garam dan merica. Aduk rata, angkat, dinginkan.

Penyelesaian:
-          Taruh pizza dalam pan (saya pakai loyang cookies), olesi dengan saus, lalu parutkan keju di atasnya, kasih topping dan parutkan keju kembali.
-          Bakar pizza selama 15 menit. Jangan kelamaan biar pizzanya nggak keras.





2 comments:

  1. Alhamdulillah akhirnya sempat juga bekunjung ke rumahmu dinda.. hmmm.. hobi mask ternyata. Kak mau... buatan rahma itu....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo ke Payakumbuh kak... Ntar insyaAllah dibuatkan kue spesial untuk kakak dan dedek Fathul. Eh, dedek Fathul masih minum ASI ekslusif ya kak ya... hehe..
      Syukron sudah berkunjung, kak... :D

      Delete