Friday, April 12, 2013

Putu Ayu Ketan Item



Assalamu'alaikum Temans...
       Kue ini rencananya saya dedikasikan untuk event NCC Jajanan Tradisional Week dan PR Dapur Aisyah. Namun apa daya, saya lupa nyetornya ke NCC, otomatis gak dapat bagde-nya deh. hiks. Untunglah, Dapur Aisyah nyetornya cuma lewat FB, so, PR Dapur Aisyah untuk bulan Maret sudah saya kumpul. Semoga bisa ngumpul PR bulan April dan selanjutnya juga.
       Postingan ini masih masuk dalam kategori The Ordinary Project karena lagi lagi dan lagi saya ambil resepnya dari blognya Mbak Ricke tercinta. Makasih Mbak... :)



Putu Ayu Ketan Item
Source: Ricke 'Bunda Nadhifa' Indriani


Bahan:
250 gram tepung ketan hitam
3 butir telur ukuran besar
150 gram gula pasir (klo suka lebih manis bisa pakai 200 gram)
1 sdt emulsifier
1/8 sdt garam (sejumput saja)
200 ml santan sedang yang sudah dimasak bersama pandan dan vanili (lebihkan sedikit jumlah santannya sebelum dimasak karena setelah matang akan sedikit menyusut, takar 200 ml setelah matang), dinginkan

Bahan kelapa parut:
200 gram kelapa parut
2 lembar daun pandan, sobek-sobek
1/4 sdt garam
1/4 sdt vanili
---> Kukus semuanya selama 10 menit, dinginkan


Cara membuat:
1. Panaskan kukusan/klakat. Siapkan cetakan kue, olesi dengan minyak goreng tipis-tipis. Padatkan kelapa parut secukupnya di dasar cetakan. Sisihkan.
2. Kocok telur, gula pasir, emulsifier dan garam hingga putih, kental dan kaku dengan mixer kecepatan tinggi. Masukkan tepung ketan hitam sedikit demi sedikit sambil diaduk rata atau dikocok dg mixer kecepatan paling rendah.
3. Masukkan santan. Aduk rata. Tuang ke dalam cetakan sampai hampir penuh. Kukus selama 10 menit dengan api sedang. Keluarkan dari cetakan.

Selamat Mencoba temans... :)




No comments:

Post a Comment