Saturday, April 13, 2013

White Bread (Roti Tawar)

       Roti ini saya bikin di bulan Januari 2013. Tidak perlu dibahas kenapa baru posting sekarang, hehe. Pada hari itu, saya bikin roti dan pizza tapi dengan adonan yang berbeda. Alhasil, malamnya tangan saya ngambek karena lebih dari seperempat jam nguleni adonan. Hingga kini agak kapok sehingga belum tertarik lagi untuk bikin roti.  

       Roti yang saya buat adalah white bread alias roti tawar. Penasaran juga gimana cara bikin roti yang sebenarnya bisa dibeli dimana saja dan kapan saja ini. Haha. Setelah blog walking dan searching resep, ketemu deh sama tambatan hati. Resep White Bread-nya mbak Hesti yang menggunakan water roux. Awalnya saya pikir, ini water roux alias tangzhong starter ni apa sih? beli di mana? Eh, ternyata water roux itu dibikin sebelum kita nguleni adonan dan bikinnya gampang, alhamdulillah... Nah, gunanya pake water roux ini, supaya roti yang kita bikin lembut bahkan hingga berhari-hari. 

     Mari siapkan tangan yang kuat untuk menguleni adonan. Tangannya diajak kompromi dulu biar mau diajak nguleni adonan karena memang sebenarnya di resep asli, Mbak Hesti bikin ini pake mixer. Cuma, saya nggak sempat tanya apakah mixer yang mbak Hesti maksud adalah mixer khusus roti alias Bread Maker atau mixer biasa. Daripada mengorbankan mixer, mending saya uleni ajah. ^_^

       Untuk Mbak Hesti, Terima kasih banyak resepnya ya Mbak... :)





White Bread



Bahan Water Roux/ Tangzhong Starter:

1.      100 gr tepung terigu protein tinggi

2.      500 ml air

Cara membuat Water Roux/ Tabngzhong Starter:
         Campur air dan tepung terigu dalam periuk kecil. Aduk rata sampai halus dan tidak bergerindil. Masak dengan api sedang hingga kental, jangan sampai mendidih. Sisihkan hingga dingin.





Bahan Roti:
Bahan A:
1.      240 gr water roux starter
2.      220 ml air/ susu cair
3.      110 gr gula pasir
4.      10 gr ragi instant

Bahan B:
1.      500 gr tepung terigu protein tinggi
2.      200 gr tepung terigu protein sedang
3.      15 gr susu bubuk
4.      11 gr ragi instant

Bahan C:
1.      60 gr minyak/ butter dilelehkan

Cara Membuat Roti:
1.      Tuang semua bahan kering kecuali butter ke dalam panci. Masukkan campuran water roux dan air ke dalamnya. Aduk rata dan proses hingga kalis. Tambahkan butter lalu uleni hingga elastic. Kalau terlalu kering bisa ditambahkan air, tapi kalau terlalu lembek bisa ditambahkan sedikit tepung.
2.      Tutup dengan serbet atau plastic cling wrap dan fermentasikan selama 45 menit. Bagi adonan menjadi beberapa bagian sesuai keinginan. Pipihkan adonan menjadi persegi panjang lalu gulung memanjang seperti bolu gulung dan letakkan dalam loyang bersemir margarin. Saya bagi dua saja dan dua-duanya dimasukkan ke dalam satu loyang.
3.      Fermentasikan selama kurang lebih 45 menit tergantung cuaca. Jika cuaca dingin maka roti butuh waktu fermentasi yang sedikit lebih lama. Oles dengan telur atau susu evaporated lalu panggang sekitar 30 menit untuk roti tawar ukuran besar dan 20 menit untuk roti yang dibagi-bagi jadi kecil. Panggang dengan api 180’C


No comments:

Post a Comment