Friday, April 12, 2013

Cake Caramel (Bolu Sarang Semut)

       Resep bolu ini sudah sering banget berseliweran di blog dan Fb teman-teman. Sesering itu, resep tersebut tak pernah sekalipun saya simpan atau bookmark  karena seingat saya, saya nggak suka dengan cake ini. Nah, minggu lalu, entah karena apa, saya mulai berani mengupload foto-foto kue hasil percobaan saya di dapur Azed Culinary ke facebook. Padahal sebelumnya saya mikir keras dulu sebelum memutuskan untuk tidak mengupload foto hasil eksekusi saya ke FB. Kenapa? Karena memang belum banyak teman-teman yang tahu saya hobi bikin kue dan saya paling tidak suka saat hobi baking and cooking dikait-kaitkan dengan femininitas. Alhamdulillah saya bukan tomboy, kan kita nggak boleh menyerupai laki-laki, tapi tetap saya juga tidak suka dibilang feminin karena di mata saya feminin itu hampir mirip dengan manja. Hei, ini pendapat saya saja dan sorry, saya tidak buka forum diskusi untuk membahas hal ini. Kita bahas yang enak-enak saja di blog Azed Culinary. :D

       Kembali ke foto yang saya upload di Fb, ternyata banyak yang komen dan nge-like termasuk kak Uci. Senior saya yang baru melahirkan dan alhamdulillah berdomisili di Payakumbuh juga. Kak Uci bilang, kalau beliau udah ngidam makan kue sarang semut ini sejak hamil dulu. Waaah... kok bisa ada request kue yang resepnya gak pernah saya lirik ya? okelah, ini tantangan keren buat saya. Hari itu juga saya eksekusi resep Cake Caramel-nya mbak Rina owner Dapur Manis yang kebetulan udah lama berseliweran di grup Dapur Aisyah. Syukron Jazakillah resepnya, Mbak... :)


Semoga ada waktu untuk upload foto2 yang lainnya. :)


CAKE CARAMEL (BOLU SARANG SEMUT)
Source: Mbak Rina Audie

Bahan :
200 gr gula pasir
200 ml air panas
75 gr tepung terigu
25 gr tepung maizena
1 sdt soda kue
1/2 sdt baking powder (saya pake 1/4 sdt baking powder double acting)
1/4 sdt garam
3 butir telur, kocok lepas
50 gr margarin, aduk-aduk menggunakan garpu sampai lembut
75 ml susu kental manis putih/coklat

Cara membuat :
1. Panaskan gula di atas wajan teflon menggunakan api kecil sampai mencair dan berwarna kecoklatan. Tuangi air panas, rebus sampai karamel larut. Sisihkan sampai dingin. Saring dan ukur sebanyak 250 ml. Bila kurang bisa ditambah air.
2. Siapkan loyang bentuk cincin diameter bawah 16 cm, olesi margarin dan taburi terigu. Panaskan oven dengan suhu 180 derajat C.
3. Ayak terigu, maizena, soda kue, baking powder dan garam. Masukkan dalam baskom/ wadah besar.
4. Masukkan telur dan air karamel secara berselang-seling (dalam 3 tahap) sambil diaduk menggunakan whisker sampai rata dan licin.
5. Masukkan margarin, aduk sampai rata. Margarin akan begerindil kecil-kecil dan mengapung di atas adonan. Menyusul susu kental manis, aduk rata. Adonan yang dihasilkan cair/encer ya. Tuang ke dalam loyang.

6. Panggang dalam oven selama 45 menit. setelah matang keluarkan dan dinginkan. Balik kue di atas piring, potong dan sajikan.


 
Ini hasil jepretan kak Uci, tapi tetap saya kasih watermark biar gak dicuri. :P


1 comment: