Wednesday, December 26, 2012

Puding Nangka Nata De Coco

Sejatinya, aku kurang suka pudding. Namun, kalau dicek kembali daftar hasil karya di dapurku, ada beberapa pudding Alhamdulillah sudah berhasil dieksekusi dan ludes tak bersisa. Jadi, di mana letak kurang sukanya? Setelah kutilik kembali, ternyata pudding yang kurang kusuka itu adalah pudding yang disuguhkan ketika ada baralek alias wedding party karna biasanya pudding yang disajikan hanya sebatas pudding yang diberi essence buah atau sekedar diberi susu dan pewarna. 

Nah, setelah jelly menjadi gampang didapat di Indonesia termasuk di kota kecil Payakumbuh-ku tercinta, aku langsung suka dan sering sekali bikin di rumah bahkan di wisma (kos-red) karna gampang banget. Lalu, ketika lebaran 1431H berkunjung ke rumah sepupuku Vany, ada pudding zebra di sana. Eits… ternyata nggak cuma jelly, agar-agar biasa pun bisa dibikin pudding yang enak. Okedeh, aku langsung cari referensi dan kebetulan lagi ada diskon di Gramedia Padang. Aku beli deh buku ‘Seri Quick Cooking Puding Agar dan Puding Panas’ karangan Ibu Albertin Hoesni.

Ada 18 resep pudding dalam buku ini. Salah satu yang sudah tereksekusi adalah Puding Jagung Nata De Coco. Well, awalnya memang ingin membuat pudding jagung, dan sudah sengaja beli jagung manis kalengan di Toko Bahan Kue (TBK). Ternyata di rumah ada buah nangka matang. Treeengg…timbullah ide untuk mengganti jagung dengan nangka. Hasilnya, sluuurrpp…Alhamdulillah nikmat. bahkan bau nangkanya masih ada ketika puddingnya sudah dingin dan disimpan di chiller. Hm…sungguh menggoda.




Yuuk… ditengok resepnya.

Puding Nangka Nata De Coco
Modified by: Dan Azed
Source: Seri Quick Cooking Puding Agar dan Puding Panas by Albertin Hoesni

Bahan:

1 bungkus agar-agar putih
600 ml santan dari 1 btr kelapa
200 ml air
125 gr gula pasir
2 lbr daun pandan
Pewarna kue warna hijau secukupnya
75 gr nangka
100 gr nata de coco

Cara Membuat:
    1. Campur agar-agar, santan, air, gula pasir dan daun pandan, lalu rebus sambil diaduk hingga mendidih. Angkat.
   2. Beri pewarna kue warna hijau, masukkan nangka dan nata de coco ke dalamnya.
     3. Tuang adonan ke dalam loyang khusus agar-agar, dinginkan.

Gampang kan? Dengan going the extra miles alias melebihkan usaha dalam proses pemenuhan bahan, insya Allah jadi deh, pudding nikmat nan menggoda.
Selamat mencoba…

No comments:

Post a Comment