Wednesday, May 1, 2013

Klappertart Wilton (Halal is a Must ^_^)

Cerita di balik kompor insyaAllah ntar-ntar ajah. Resep ini saya contek dari Mbak Dida. Terima Kasih, mbak...







Bahan :

1. 1000 cc fresh milk ( saya pakai susu UHT )
2. 250 gr gula pasir
3. 50 gr terigu
4. 50 gr maizena
5. 50 gr tepung custard
6. 150 gr mentega atau margarin
7. 6 butir kuning telur
8. 2 buah kelapa muda kerok isinya
9. 100 gr kenari panggang, cincang
10. kayu manis bubuk secukupnya ( saya skip karna gak punya )

Topping :

1. 6 butir putih telur
2. 4 sdm gula pasir
3. 2 sdm terigu
4. kismis ( saya skip karna gak punya :P)

CARA MEMBUATNYA :

1. Didihkan 800 cc freshmilk
2. Larutkan terigu, maizena, custard dg 200ml freshmilk sampai larut (saya ikut metode mbak Dida; di blender biar cpt halus)
3. Masukkan campuran susu tepung kedalam susu panas, sambil terus diaduk sampai mengental dan meletup2, lalu matikan api.
4. Masukkan mentega/margarin, aduk rata
5. Masukkan kenari dan kayu manis, aduk rata
6. Masukkan kuning telur satu persatu
7. Masukkan kelapa muda, aduk rata
8. Masukkan adonan ke cup alufoil 3/4 penuh (saya pake mangkok besi karna gak punya n gak nemu penjual cup alumunium foil di Payakumbuh. Kata mbak Dida, ‘cup kecil jd sekitar 25 - 30 cup, ukuran 20cm jd 2 loyang )
9. Panggang dg cara Au Bain Marie / di tim selama +- 15 menit suhu 160' C sampai setengah matang ( saya lebih dr 45 menit )

Sambil menunggu adonan matang, siapkan topping:
1. Kocok putih telur dg mixer, masukkan gula sedikit demi sedikit sambil terus dikocok sampai kaku
2. Masukkan tepung terigu, aduk dg spatula ( saya gunakan mixer dg speed plg rendah )
3. Masukkan kedalam plastik segitiga, potong ujungnya

Setelah adonan setengah matang:
1. Semprotkan topping sampai penuh, lalu taburi dg kayu manis bubuk ,dan kismis 
2. Panggang lg sampai adonan kuning kecoklatan.




4 comments:

  1. Mba kapan bikin lagii... Saya mau donk.. Enak tuh kayanya hahahahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayuuuk mbaak...
      sini..sini..sini... hahaha

      Delete
    2. Hahahahaha kpn bikin lagi kabarin biar bs cicip2 hahahaa LOL
      Aku bolak balik ke mari berharap bisa buatnya,tp krg jago kayanya ribetbanget ,jd mau buat mundurr lagiii mau buat mundur lagi hahahahahah

      Delete
    3. hehe, ntar ya mbak, saya kabari.
      mbikinnya gampang kok mbak, tinggal ikutin resep ajah, jadi deh, hoho...

      Delete