Monday, May 6, 2013

Chocolate Oatmeal Cupcake

Awas! Kolesterol-kolesterol jahat merajalela di mana-mana, bahkan di makanan kita. Hati-hati karena mereka menyebabkan penyumbatan di pembuluh darah sehingga meningkatkan resiko serangan jantung. Nah, biar kolesterol jahat yang sudah ada dalam tubuh kita nggak bertambah atau bahkan insyaAllah semakin berkurang, mari mengonsumsi oatmeal. Oia, oatmeal juga bisa mengontrol kadar gula darah dan merupakan sarapan yang bagus untuk penderita diabetes. Selain itu, stress dan tekanan darah pun bisa dikendalikan dengan mengkonsumsi oatmeal secara teratur. Masih banyak selain itu-selain itu lainnya yang bisa kita dapatkan kalau kita rajin mengkonsumsi oatmeal.
Semakin rajin, insyaAllah semakin sehat. Tapi tunggu, klo sering2 pasti bosan juga, kan? Masa’ sarapan sama oatmeal terus? Naaah… supaya gak bosan, oatmealnya diproses saja menjadi cupcake, insyaAllah enak dan tetap sehat. 




Nih, salah satu resep oatmeal cupcake yang enak banget. Resep ini saya ambil dari blog guru dunia maya saya, mbak Ricke tercinta. Terima kasih resepnya, mbak. Nah, karena because selalu always, eh, maksudnya, karena ini adalah resepnya mbak Ricke, maka postingan ini saya kategorikan sebagai salah satu postingan The Ordinary Project of Azed Culinary. Hmm… udah berapa resep, ya, yang sudah terkategorikan?

Chocolate Oatmeal Cupcake
By: Dan Azed (Source: Ricke Indriani)

Bahan:
60 gram oatmeal (misal Quacker Oat)
250 ml susu cair, saya pake Ultramilk (kata mbak Ricke, ‘klo ga begitu suka susu bisa diganti dengan air yg didihkan’)
100 gram gula pasir halus 125 gram gula palem (palm suiker) 120 gram butter/margarin 2 butir telur, kocok lepas 1 sdt essence vanilla (optional) 110 gram terigu protein sedang/all purpose 1 sdt baking powder 20 gram coklat bubuk 150 gram chocolate chips

Cara:
1. Didihkan susu. Angkat dan campur dengan oatmeal aduk rata, diamkan 20 menit.
2. Kocok butter/margarin dengan gula pasir dan gula palem sampai lembut dan creamy. Masukkan telur, kocok rata.
3. Campur dan ayak terigu dan baking powder. Campur chocolate chips ke dalamnya. Masukkan campuran ini ke adonan butter. Aduk rata. Masukkan oatmeal. Aduk rata lagi.
4. Tuang ke dalam cetakan cupcake/loyang muffin yg dialasi papercup.
5. Panggang dalam oven dg suhu 180'C selama 25 menit atau hingga matang (lakukan tes tusuk).
6. Angkat dan dinginkan.

* mbak Ricke bilang, ‘Cupcake ini walaupun sudah dingin tetap empuk lho :)

2 comments:

  1. Tampaknya mudah yaaa, pengen nyoba deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hooh mbak.
      selain mudah, enak lagi.
      yuk bikin, mbak... :)

      Delete