Saturday, March 9, 2013

Roti Manis


Setiap kali bikin kue, Papa sering nggak kebagian. Kue yang sering dibikin kan hampir selalu pakai coklat, nah Papa yang old school banget jangankan suka, malah muntah kalau makan coklat. Gitu sih kata beliau. ^_^. Selain itu, kalau bikin pizza, Papa suka yang bagian tepinya aja, yang nggak tersentuh sama keju dan saus sambal. Tuh kan, old school banget Papa saya… Nah, sebagai anak yang baik dan berbakti pada orang tua, dicobalah membuat roti manis. Target konsumen utamanya adalah Papa yang requestnya roti tanpa isi, tapi tentu saja dengan adonan yang cukup banyak saya tetap bisa bikin roti manis isi coklat. So, ini dia, berbagai bentuk roti manis hasil karya Dan Azed di Dapur Azed Culinary. 




            Oia, soal bentuknya, lumayan pusing juga karena udah lama banget nggak baca-baca step pengkreasian bentuk roti. Jadi yang bisa terpikir ya itu-itu aja. Padahal dulu waktu SMA kelas 1 pernah bikin roti bentuk macam-macam untuk tugas Biologi atau Kimia kalau nggak salah. Tapi apa daya, udah lama, udah lupa deh.

            Resep roti manis ini saya ambil dari Dapurnya Mbak Daniar. Terima kasih banyak resepnya, mbak…



ROTI MANIS
Inspirasi Usaha Boga 2 seri masak Femina

Bahan :
500 gr terigu cakra
7 gr ragi instant
100 gr gula pasir
150 ml susu cair
4 kuning telur
1 sdt garam
120 gr butter

Cara Membuat :
1. Campur terigu, ragi, gula pasir, susu cair, telur aduk rata & uleni sampai kalis
2. Masukkan butter dan garam uleni lagi samapai kalis, bulatkan adonan, taruh dalam mangkuk, tutup dengan serbet, diamkan 30 menit, potong2 sesuai kebutuhan, diamkan 10 menit, bulatkan/bentuk, diamkan 45 menit
3. Panaskan oven di suhu 200*C, oven selama 20 menit

Bahan Polesan :
Butter, gula halus, susu kental manis, aduk rata, siap digunakan.




No comments:

Post a Comment