Wednesday, December 26, 2012

Puding Zebra

Seperti yang saya tulis di postingan sebelumnya, saya akan posting hasil karya dapur yang sudah terdokumentasikan sejak dulu di memori hape. Nah, kali ini adalah pudding zebra yang dibuat pada bulan Ramadhan 1432H lalu, sudah lama ya…hehe.

 
Ini adalah pudding zebra pertama saya, bahkan sampai saat ini (Desember 2012), resep pudding zebra ini belum lagi dieksekusi untuk yang kedua kalinya. Seingat saya, saat mengeksekusi pudding ini, tidak ada kesulitan yang sigifikan, hanya saja saat dinikmati, coklat bubuknya masih terasa berpasir dikarenakan air yang saya gunakan untuk melarutkannya bukan air panas, hee… Bagaimanapun juga, Alhamdulillah pudding ini tetap enak dan tetap ludes, maklum, kami sekeluarga terutama adik-adik memang pemakan segala (yang halal pastinya).


Well, ini dia resepnya yang saya ambil dari multiply-nya mbak Elly. Thanks for the recipe, mbak…

Puding Zebra  
By Dan Azed (Source: Elly’s Corner)

Bahan:

6 btr telur ayam
300 gr gula pasir
1/4 sdt vanila
80 gr tepung terigu
50 gr margarin leleh
300 ml air
250 ml susu kental manis
2 bgk agar-agar warna putih
50 gr cokelat bubuk, larutkan dengan sedikit air panas


Cara membuat:

  1. Siapkan loyang bulat berdiameter 18 cm, basahi dengan air.
  2. Campur susu kental manis, air, agar-agar, aduk rata, lalu masak di atas api kecil hingga mendidih. Sisihkan.
  3. Kocok telur, gula, vanila hingga mengembang dan kental, masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit bergantian dengan margarin cair, aduk rata.
  4. Tuang agar panas ke dalam adonan telur, kocok perlahan hingga tercampur rata. Bagi adonan menjadi 2 bagian, sebagian campur dengan cokelat, aduk rata, yang sebagian lagi biarkan berwarna kuning.
  5. Tuang 100 ml adonan kuning pada bagian tengah loyang, tuangkan kembali 50 ml adonan cokelat di atas adonan kuning. Lakukan terus secara bergantian hingga kedua adonan habis. Dinginkan hingga puding beku.  



No comments:

Post a Comment