Saturday, December 1, 2012

Bakso Daging Qurban


Masih tentang kreasi Idul Adha 1433H lalu. Yang namanya Idul Qurban, pasti bakal selalu banyak daging. Walaupun Mama udah mengeksekusi banyak daging untuk rendang, asam pedas daging, dan tentu saja sup dan juga sate, tapi tetap saja bakalan masih banyak daging yang tersisa. Biasanya daging yang sering disisakan Mama dan disimpan di freezer adalah daging as dalam yang bisa dieksekusi jadi dendeng. Nah, mumpung lagi mood masak, saya bantuin Mama menghabiskan stok daging tersebut. Waktunya mencoba membuat bakso. Yup, ini adalah kali pertama saya mencoba membuat bakso. Resepnya dari Catatan Dapur di FB Mbak Pici Ummu Afif dan seperti biasa dimodif sedikit, menyesuaikan dengan bahan-bahan yang ada di kulkas. Syukron jiddan resepnya, mbak…




Sama seperti mbak Pici, saya tidak menggunakan es batu. Daging yang baru keluar dari freezer didiamkan sejenak lalu dipotong kecil-kecil saat masih setengah dingin. Jadi lebih gampang memotong dagingnya saat masih keras, lho. Saya langsung potong sekecil-kecilnya agar blender tidak perlu bekerja keras menggiling dagingnya. Hehe, kasian blendernya. Setelah dipotong, cuci dan langsung giling. InsyaAllah gampang. ^_^


Resep Bakso Daging Qurban
by Dan Azed (Source: Pici Ummu Afif)
 
1 kg daging sapi 
6-8 siung bawang putih 
4 bh putih telur 
10-12 sdm tepung kanji
5-6 sdm minyak goreng
Garam dan merica 


 

 

Caranya : 
1. Potong kecil daging, giling menggunakan blender yg kecil, bukan yg untuk bikin jus, semakin halus semakin bagus permukaan baksonya nanti. 
2. Aduk dan uleni daging dengan bawang putih halus. Lalu masukkan telur sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata, masukkan tepung, dan minyak,jangan lupa garam dan merica. 
3. Panaskan air dipanci hingga mendidih. Kecilkan api.sendokkan adonan (yg dibulatkan dg genggaman tangan dan ibu jari) ke air. Masak dengan api kecil matang dengna sempurna. Cek kekenyalan dan rasa bakso yang pertama kali masak dan tambahkan garam jika kurang berasa atau tambahkan putih telur dan tepung kanji jika bakso kurang kenyal.
4. Masukkan adonan yg sudah matang(mengapung) ke wadah berisi air es/air dingin
5. Siap disimpan atau di gunakan


No comments:

Post a Comment